Latar Belakang

Beragamnya pengetahuan yang harus disampaikan guru kepada murid di sekolah kerap menimbulkan kebuntuan dalam mencari cara efektif untuk menyampaikannya. Guna menciptakan kemungkinan- kemungkinan baru dan memecah kebuntuan yang biasa dialami guru tersebut, Serrum menyelenggarakan laboratorium Rumah Guru, yang berusaha menghubungkan titik temu antara inti suatu materi belajar dengan metode seni rupa.

Metode

Proyek ini mempertemukan seniman dengan guru mata pelajaran, yang nantinya berdiskusi menghasilkan sebuah metode dan materi ajar alternatif untuk mengajarkan salah satu mata pelajaran. Setelah merumuskan metode dan materi ajar tersebut, Proyek ini menerapkan pada kelas kecil. Lalu hasil dari proyek ini akan di arsipkan dan menjadi pusat data yang di distribusikan secara online.

 

Deksripsi

Proyek ini melibatkan guru bidang studi dan seniman yang akan berkolaborasi. Kedua pihak ini akan memilih materi belajar lalu mendiskusikan intisari materi pembelajaran, agar selanjutnya dapat ditentukan metode seni rupa yang tepat dan dapat di-elaborasikan. Kedua elemen dasar tersebut, guru dan seniman akan mempraktikkan di dalam kelas.

Kolaborator : Pak Ahyadi dan Ghozali (Komunitas Pasir Putih)

Murid SMP di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat